DESAIN KITCHEN SET YANG FUNGSIONAL



Rumah dengan dapur yang kecil dapat didesain sedemikian rupa sehingga dapat nyaman digunakan dengan desain yang fungsional. Selain praktis, dan ekonomis, desain yang fungsional memudahkan Anda dalam proses menyiapkan masakan, dan membersihkan dapur. Sebelum merombak dapur, ada baiknya melakukan perencanaan awal yang melibatkan Anda sebagai penghuni rumah, agar desain dibuat sesuai dengan kebiasaan-kebiasaan Anda. Misalnya untuk menentukan apakah tempat cuci piring perlu dijadikan satu dengan dapur, atau terpisah, apa saja yang akan disimpan di dapur dan berapa banyak lemari yang Anda butuhkan, dan lain sebagainya. Begitu pula dengan ukuran kabinet atau lemari-lemari penyimpanan, akan lebih baik apabila merencanakan mana barang yang diletakkan di dapur, mana yang di tempat lain. Oleh karena itu, berikut kami berikan tips dan tricks agar Anda betah berlama-lama berkreasi di dapur Anda:


‘Dapur Kotor’ dan ‘Kering

Apabila Anda memiliki ruangan yang cukup luas, dan gemar memasak, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk memiliki dapur kotor, atau sevice area di mana Anda dapat melakukan kegiatan memasak yang kompleks di sini seperti membuat bumbu, mencuci ikan dan daging, memasak, dan memanggang. Sementara dapur kering atau pantry hanyalah tempat untuk menyimpan barang-barang keperluan memasak, meghangatkan makanan, atau memasak masakan praktis, sehingga perawatnnya pun lebih sederhana. Untuk kedua jenis dapur ini, sebaiknya dipisah dan diberi bahan furniture yang berbeda. Untuk dapur kotor, pilihlah bahan-bahan yang mudah dibersihkan, tidak mudah berkarat, dan tahan lama, seperti stainless steel contohnya. Sementara untuk pantry, Anda dapat lebih bebas memilih dan mendekorasi, ukurannya pun tidak perlu luas. Terlebih lagi, di pantry Anda dapat menyediakan tempat khusus untuk langsung menyantap hidangan tanpa perlu ke ruang makan.

Aliran Udara
Kegiatan memasak yang membutuhkan tenaga, tentunya akan membuat Anda terasa lebih panas dan badan lebih cepat berkeringat, terutama di iklim Indonesia. Jendela dan pintu yang mengarah ke luar rumah sangat diperlukan dalam hal ini. Akan lebih baik lagi apabila mengarah ke pekarangan, bukan ke jalan raya agar udara bersih yang mengalir masuk ke dalam dapur. Selain itu, pemasangan exhaust fan di atas kompor juga dapat membantu menghisap uap-uap dari kompor, sehingga udara panas dapat cepat hilang. Menambahkan hiasan tanaman dalam pot-pot kecil di sekitar jendela dapur juga dapat membantu menyegarkan suasana dapur. Untuk tempat-tempat tertutup yang lembab seperti ruang dalam lemari, sebaiknya secara rutin dibuka, dibersihkan dan diberi silicon gel di sudut-sudutnya.

Space yang Cukup

Keleluasaan ruang untuk bergerak dapat diciptakan dengan membangun counter top yang luas, antara kompor dengan tempat mencuci piring. Hal ini dapat memudahkan Anda dalam proses persiapan bahan makanan seperti memotong, menghaluskan bumbu dapur, memblender buah, dan lain-lain dengan keuntungan mudah dibersihkan karena dekat dengan sink. Terlebih lagi apabila Anda berniat memasak dengan anak, sediakanlah tempat yang cukup dan sesuai dengan tinggi badannya agar Ia dapat mulai berkreasi sejak dini.



Mudah Dijangkau

Peletakkan microwave, blender, mesin kopi, dan alat-alat lainnya yang menggunakan listrik, perlu memperhatikan ketinggian yang ideal dengan tubuh Anda, dan juga sumber daya yang dekat. Sebaiknya pemakaian alat-alat tersebut tidak menggunakan kabel gulung karena akan mempersulit gerak Anda di dapur. Selain itu, letakkanlah di tempat yang jauh dari air, dan tertutup agar tehindar dari debu. Begitu pula peletakan barang pecah-belah. Hindari tempat yang terlalu tinggi agar Anda tidak sulit menjangkaunya, atau memiliki risiko jatuh dan pecah. Tempat yang tinggi dapat dimanfaatkan untuk menyimpan bahan makanan yang bersifat kering atau produk pabrik, seperti tepung, bumbu instan, dan lain sebagainya.

Pencahayaan

Idealnya, pencahayaan tidak hanya berupa lampu di langt-langit, namun juga diletakan di titik-titik yang sangat membutuhkan cahaya. Seperti di dalam setiap ruang lemari kabinet, agar mencari piring, gelas, dan bahan makanan lebih mudah dicari, dan juga di atas counter top agar membantu Anda dalam proses memasak, seperti menentukan apakah hasil panggangan Anda sudah matang, atau apakah warna sup sudah sesuai dengan semestinya. Gunakan lampu berwarna putih atau kuning yang terang sebagai tambahan cahaya lampu utama. Meletakan lampu-lampu kecil di titik-titik tersebut akan membantu Anda secara signifikan, terutama di saat malam hari.

Salah satu penyedia jasa pembuatan kitchen set yang memiliki keahlian di bidangnya, adalah KREASI INTERIOR  yg beralamat di Jl. Majid Al Wustho Rt.17/07 Pondok Bambu Jakarta Timur. Tidak hanya desain kitchen set, Anda juga dapat mempercayakannya untuk membuat pantry yang elegan, sesuai kebutuhan Anda. Dengan keahliannya mendesain dan merancang kitchen set, furniture kitchen set, maupun perlengkapan interor lainnya, Anda dapat segera mengonsultasikan keinginan yang sesuai dengan budget Anda.


Komentar

Postingan Populer