MEMANFAATKAN RUANG MINIM SEBAGAI RUANG KELUARGA

Bayangkan aktivitas-aktivitas yang dapat dilakukan di dalam ruangan seperti makan, tidur, bersantai, dan bekerja. Sekarang ciptakan sebuah ruang terpisah dimana semua aktivitas itu dapat dilakukan; itulah ruang keluarga. Pendek kata, ruang keluarga adalah ruang yang multi-fungsi. Ruang keluarga tidak membutuhkan banyak furniture, siapapun dapat mendesainnya senyaman mungkin. Bisa didesain dengan atau tanpa satu set sofa, karpet yang tebal, televisi, atau tumpukan bantal, didekorasi dengan cermin, lukisan, foto keluarga—benar-benar sesuka Anda.
Salah satu penyebab sulitnya merealisasikan ruang keluarga adalah terbatasnya ketersediaan ruang. Memang tidak dapat dihindari, seiring dengan berkembangnya wilayah pemukiman di daerah-daerah urban, ruang untuk membangun tempat tinggal pun kian terbatas. Warga daerah urban pun sudah banyak yang memilih jalur alternatif yaitu apartment demi hidup yang lebih efisien kendatipun ruang gerak di tempat tinggal kian terbatas.
Memilih furniture yang berukuran efisien dan multi-fungsi. Untuk membuat ruang keluarga yang fungsional, pilihlah perabotan yang tidak memakan tempat dan dapat digunakan untuk berbagai aktivitas. Salah satu contohnya adalah dengan memilih meja yang dapat digunakan untuk bekerja dan makan dengan ukuran seminimum mungkin tanpa mengganggu penggunaannya.
Optical illusion. Pada dasarnya, makhluk hidup akan merasa lebih nyaman berada di ruang yang luas dan terbuka. Untuk mengakali keterbatasan ruang, kelabui mata Anda dengan trik-trik simpel yang membuat ruangan terasa lebih luas. Beberapa di antaranya adalah dengan mengganti bingkai jendela dengan yang berukuran besar, memasang beberapa cermin di dinding atau pada furniture yang ada, atau mendominasi ruangan Anda dengan warna putih. Jika Anda ingin bermain dengan warna, bermainlah dengan warna yang bernada sama untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. Contohnya, menggunakan warna putih, putih gading, krem, dan lain-lain. Membuka jalur masuknya sinar matahari selebar mungkin juga akan menambah kesan luas pada ruang keluarga Anda.
CustomizeTidak dapat dibilang sebagai cara yang paling praktis, tetapi membuat furniture custommerupakan cara yang dapat menjamin tingkat kepuasanmu. Tidak hanya itu, Anda dapat membuat furniture seefisien mungkin, menyesuaikan ukuran ruang yang Anda miliki dengan meja yang Anda inginkan, membuat sofa Anda multi-fungsi, dan lain-lain.
Optimalkan fungsi langit-langit dan dinding. Apakah Anda gemar mengoleksi sesuatu? Koleksi Anda dapat membuat ruang keluarga terasa lebih personal, namun rak lemari akan membatasi ruang, bukan? Manfaatkanlah fungsi langit-langit dan dinding ruang, contohnya dengan memasang rak dinding untuk menyimpan barang-barang, gantungan baju untuk jaket dan syal, dan lain-lain. Anda bahkan dapat membuat ruangan lebih segar dengan menggantungkan beberapa pot tanaman kecil dari langit-langit ruangan.
**@ Loftez

Tidak ada komentar: